Variable DC Power Supply Untuk Hobi

Sekilas Variabel DC Power Suplay LM350

Dalam hobi elektronika Power supply sangat diperlukan, Variabel DC Power supply kali ini sangat sederhana dan efektif digunakan pada keperluan hobi bermain elektronik, hal ini karena power supply ini dapat diatur tegangan outputnya dan arus yang dihasilkan cukup besar (maks 3A) karena menggunakan IC LM350. Sebuah catu daya DC variabel adalah salah satu alat yang paling penting untuk hobi elektronik. Sebagian besar proyek-proyek berbasis mikrokontroler dapat dilakukan dengan sumber tegangan +5V tapi pada saat menguji berbagai sirkuit analog Anda mungkin memerlukan sumber tegangan yang bervariasi. Saya telah membuat satu Variabel DC Power supply menggunakan LM350 IC. LM350 adalah sebuah adjustable regulator 3 pin tegangan positif yang dapat mensuplay arus maksimal3A dan memiliki rentang output ke 1.2V sampai 33V. Regulator LM350 sangat mudah digunakan dan hanya memerlukan 2 resistor eksternal untuk mengatur tegangan output. Berikut ini adalah gamabr dari unit catu daya tersebut.

Foto Variable DC Power Supply Untuk Hobi

Variabel DC Power supply memiliki voltmeter analog bagus untuk menampilkan tegangan output dan sebuah potensiometer 5K untuk mengatur tegangan output. Rangkaian untuk mengendalikan tegangan keluaran sangat sederhana, dan rangkaiannya tersedia dalam datasheet IC LM350.

Rangkaian Variable DC Power Supply Untuk Hobi

Vin dapat dihubungkan ke sumber tegangan DC yang diperoleh dari transformator step-down melalui penyearah terlebih dahulu. Untuk mendapatkan tegangan DC variabel berkisar antara 1,25-33Vdapat dilakukan dengan mengatur nilai-nilai R1 dan R2.

Sumber:http://belajar-elektronika.com


SKEMA EFEK GITAR
0 Comments for "Variable DC Power Supply Untuk Hobi"

Back To Top