Sejarah singkat Televisi

Seiring dengan kemajuan sitem telekomunikasi yang sangat pesat, Dunia elektronika memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan informasi. melalui media televisi yang merupakan hasil dari pengembangan teknologi elektronika komunikasi, kebutuhsn informasi dapat terpenuhi sehingga kita dapat menerima informasi dengan mudah ,cepat, dan lengkap.
secara fonetik, kata televisi berasal dari dua suku kata yang berbeda asal bahasanya, yakni tele (bahasa Yunani) yang berarti jauh dan visi atau vision (bahasa inggris) yang berarti penglihatan. jadi, televisi mempunyai arti "melihat jauh". magsudnya melalui televisi kita bisa melihat gambar dan mendengarkan suara secara berbarengan, sebenarnya suara dan gambar tersebut di produksi di tempat yang berlainan.
di sinilah terlihat bahwa jarak, ruang dan waktu bukanlah halangan bagi manusia untuk mendapatkan informasi secepat mungkin.

Sebelum televisi di temukan Teknologi tercepat untuk mendapatkan informasi adalah radio. dari radio kita hanya mendapat informasi dalam bentuk suara sekitar tahun 1923-1926, charles F.jenkins dan JohnL. bird menembangkan sistem cakram nipcow di amerika serikat dan inggris sehingga orang dapat melihat gambar. Cakram nipcow merupakan kumpulan gambar diam yang di letakan di sebuah cakram yang di putar sehingga gambar tersebut seolah-olah bergerak. Semakin banyak Gambar yang di susun, semakin jelas gerakan gambar tersebut.

televisi yang kita kenal terdiri dari  dua jenis, yakni televisi hhitam putih dan televisi berwarna. secara umum kita dapat membedakan antara televisi hitam putih dan televisi berwarna dari warna yang di hasilkanya. pada trelevisi hitamputih tidak bisa dilihat gambar sesuai gambar aslinya. apapun yang dilihat dari layar kaca hanya nampak hitam putih .
Hal ini sangat berbeda dengan televisi berwarna, yakni warna gambar yang tampil di layar akan terlihat menerupai aslinya.

Di samping itu, Perkembangan TV juga berhubungan dengan technologi yang di gunakan. jiak dulu technologi yang di gunakan masih convesional, tv keluaran baru sekarang ini sudah menggunakan technology digital. Pada tv digital, semua fungsi telah terprogram dalam IC. (Intergrated Circuit), Sedang pada TV konvesional masih terpisah-pisah dalam rangkain.

Layar kaca yang di gunakan Untuk menampilkan gambar juga sudah berkembang menjadi LCD (liquid colour Display) dan Layar Plasma.
SKEMA EFEK GITAR
2 Comments for "Sejarah singkat Televisi"

Back To Top