SIFAT - SIFAT ASASI PENDIDIK

IKHLAS
 
Pendidik hendaknya membebaskan niatnya, semata-mata untuk Allah dalam selirih pekerjaan Edukatipnya, baik berupa perintah, larangan, nasehat pengawasan  atau hukuman.
  Buah yang di petiknya adalah ia akan melaksanakan metode pendidikan, mengawasi  Anak secara edukatip terus menerus disamping mendapatkan pahala dan keridhoan Allah.
  

TAKWA

Dari sifat terpenting yang harus di miliki pendidik   adalah takwa yang  di definisikan  oleh  para ulama 
  “Allah tidak melihat kamu mengerjakan apa yang DIA larang, dan meninggalkan apa yang dia perintahkan.”

ILMU
Pendidik harus memiliki ilmu pengetahuan perihal pokok-pokok pendidikan yang di bawa oleh syariat islam, menguasai hukum-hukum halal dan haram, mengetahui prinsip-prinsip etika islam, memahami secara global peraturan peraturan islam dan kaidah kaidah syariat islam.

SANTUN
Dari sifat-sifat pokok  yang menolong   keberhasilan pendidik dalam tugas   pendidikanya, di samping tanggung   jawabnya membentuk dan memperbaiki   adalah sifat santun, yang dengan sifat   itu sang anak akan tertarik pada   pendidikanya.


RASA TANGGUNG JAWAB
Hal lain yang harus di ketahui pendidik dan di resapkan dalam perasaanya adalah rasa tanggung jawab yang besar dalam pendidikan anak. Baik segi iman , perangih, pembentukan jasmani dan rohaninya, mempersiapkan mental dan sosialnya.

SKEMA EFEK GITAR
0 Comments for "SIFAT - SIFAT ASASI PENDIDIK"

Back To Top