Cara Mengatasi Kerusakan TV Akibat Petir

Di musim penghujan ini yang mengakibatkan banjir di daerah-daerah dataran rendah, juga hujan ini yang disertai dengan petir yang bisa membahayakan banyak hal diantaranya yaitu sering sekali mengakibatkan kerusakan pada pesawat televisi atau TV.

Sebelum membahas Cara Mengatasi Kerusakan TV Akibat Petir berikut ini Tips untuk menghindari terjadinya  TV kena petir:


Sebaiknya yang harus kita lakukan diantaranya yaitu ketika hujan datang yang ditandai dengan adanya petir, sebaiknya pesawat TV dimatikan saja dan mencabut steker kabel AC TV dari terminal listrik PLN, dan kalau TV menggunakan antena luar sebaiknya cabut jek antena yang menancap di belakang TV.

Nah, sekarang saya akan berbagi pengalaman untuk para teknisi yang mungkin sering sekali mendapatkan servisan tv rusak akibat petir ini.
Pada hari kemarin sayapun  mendapatkan pasien tv rusak akibat tersambar petir  dengan merk MITSUKOSHI 14", yang mengakibatkan tv mati total.

Pertama saya bongkar dulu tvnya, kemudian langsung saya cek pada fuse, transistor regulator, elco 100µF 400V dan transistor Horizontal ternyata semua ok, kemudian saya coba nyalakan sambil mengecek tegangan pada B+ tepatnya pada elco 100µF 160V ternyata tegangan hanya dibawah 10V saja yang seharusnya 110-115V dalam kondisi normalnya.
Kemudian saya lanjutkan pemeriksaan pada komponen disekitarnya dan akhirnya mendapatkan sebuah transistor V553 yang memberikan tegangan pada IC PC817 yaitu transistor 2SC1815 short, lalu saya ganti dan langsung di coba lagi, ternyata tegangan naik jadi 70V, dan sepertinya tv dalam keadaan standby sambil menekan nekan tombol chanel tapi tidak ada reaksi sama sekali, kecurigaan pun merujuk pada eeprom atau memory 24C08 dan IC program LC863528B (4TR4).



Pertama di coba dengan mengganti IC memory tapi hasilnya nihil, dan kesimpulan yang kedua yaitu dengan harus mengganti IC program. Dengan mencoba membeli di toko elektronik terdekat ternyata tidak ada...
Wah, gimana nih setiap mencari IC program selalu jarang tersedia, akhirnya saya kembali kerumah  ngubrak-ngabrik mesin tv bekas... siapa tahu ada, dan saya menemukan mesin tv Akira dengan IC programnya TH-50J2 (3XR2) yang setelah diamati ternyata hampir mirip jalur jalurnya, tidak tunggu lama-lama langsung saja saya pasang dan coba dinyalakan.
Ketika tv dinyalakan ternyata tv pun menyala...... Wah senangnya hatiku, tapi ternyata masih ada satu lagi kerusakan sepertinya yaitu siaran tv yang kurang jelas/bersih alias ada semutan.
Tugas selanjutnya saya coba program ulang yaitu mengisi siaran dengan cara auto search, tapi tetap saja tidak ada hasilnya. Dengan sedikit berpikir akhirnya saya cek tegangan-tegangan pada tuner dan didapatlah tegangan untuk UHF,VHF I dan III tidak ada sama sekali yaitu 0V mungkin akibat perbedaan dari IC program yang kurang sesuai, tapi tidak ambil pusing saya putuskan saja jalur PCB dari tegangan UHF tuner dengan pisau kater kemudian menjampernya langsung dengan VCC 5V tuner untuk memberikan tegangan pada UHF tuner, langkah terakhir adalah mencoba menyalakan lagi tvnya.
Dan ternyata tvpun menyala  normal dengan sukses...

Sekian, Selamat berkarya........





Rifafa Electronic
SKEMA EFEK GITAR
0 Comments for "Cara Mengatasi Kerusakan TV Akibat Petir"

Back To Top