Mengenal LED


led pada dasarnya adalah sebuah dioda yang menghasilkan cahaya saat dilewati arus. Karenanya led memiliki kutub positiv dan negativ. Kutub positiv dan negativ pada led bisa ditentukan dengan melihat kakinya. Kaki led yang lebih panjang merupakan positivnya.
Beberapa pertanyaan yang sering muncul :
1. Berapa tegangan led??
tegangan led sangat bervariasi antara 1,8 - 3,3 volt tergantung warna, tipe, ukuran dan dayanya. Ini biasanya bisa ditanyakan langsung ke penjualannya atau dalam pembelian dalam jumlah besar led akan diberikan tabel tegangan, arus dan tipenya.
2. Apa yang terjadi bila pemasangan led terbalik kutub positiv negativ nya??
tidak akan terjadi apa-apa, led tidak akan menyala dan tidak pula putus atau rusak. Ini berdasarkan sifat asli led yang merupakan dioda, ini berarti led tidak akan mengalirkan arus jika arah arusnya terbalik. Led akan rusak jika tegangannya diberikan berlebihan atau diatas tegangan maksimalnya, sehingga arus yang melewatinya menjadi tinggi.
3. Led dua warna atau tiga warna atau empat atau lima warna itu maksudnya apa?? & bagaimana cara menggunakannya???
led dua warna dan tiga warna ada yang memiliki lebih dari dua dua kaki. Untuk yang dua warna atau biasa disebut bicolour memiliki tiga kaki. Satu kaki ground atau negativ dan dua buah kaki positiv untuk mengontrol tiap warna. Demikian juga led tiga warna yang memiliki empat kaki, dengan satu kaki ground dan tiga kaki positif, masing-masing mengontrol satu warna, yaitu red atau merah, green atau hijau, dan blue atau biru. led ini biasanya digunakan pada pembuatan layar berukuran besar. Lihat gambar.
ada juga istilah led dua warna atau tiga warna yang hanya dua kaki. Warnanya disini akan menyala bergantian dan dengan effect feed yang indah. Led inilah Yang biasanya disebut hingga led 7 WARNA...!!!! 
4. Ada berapa macam tipe led.
Tipe led sangat banyak, tergantung penggunaannya. Untuk otomotif, rumah, layar monitor dan banyak lagi.
Masih banyak pertanyaan mengenai led ini. Karena itu silahkan bertanya jika ada yang ingin anda ketahui pada kolom koment. InsyaAllah akan saya jawab secepatnya.

Update : untuk komponen khusus LED toko online terpercaya dan murah Klik disini http://tigarduaz.blogspot.com/

Semoga bermanfaat. Amin.

hobi elektronika
SKEMA EFEK GITAR
0 Comments for "Mengenal LED"

Back To Top