Rangkaian Auto Shut Down untuk Laptop/Pc

Membuat Rangkaian Auto Shut Down untuk Laptop/Pc, berawal dari seringnya saya mendownload software sampai-sampai saya harus ketiduran dan lupa kalau laptop masih menyala sampai pagi dan power adafter masih menancap di terminal listrik(berhubung baterai laptopku hanya bertahan 1 jam saja). Tentunya hal ini menyebabkan pemborosan pada listrik karena misalkan software yang kita download hanya memerlukan waktu 3 jam, sementara kita ketiduran dari jam 10 malam sampai jam 5 pagi berarti kita sudah melakukan pemborosan listrik sekitar 4 jam yang tidak terpakai, dan juga akan berdampak buruk pada laptop kalau keseringan seperti ini.

Sebelum membuat Rangkaian Auto Shut Down untuk Laptop/Pc, sebaiknya anda mendownload dulu software auto shut down yang tentunya software ini adalah gratis/free silahkan kunjungi blogku yang satu lagi klik disini.


Komponen yang harus disediakan:

  • 1 relay 12V
  • TR1 Trafo 300mA atau 500mA 12V
  • D1,D2 dioda 1N4001
  • R1 22k
  • T1 Transistor C1815 atau yang sejenis
  • C1 Elco 470µF.16v
  • Switch atau lebih bagus yang menyatu dengan terminal listrik (terminal listrik yang ada saklarnya).
  • Kabel USB TO PS/2

Setelah semua tersedia kemudian rangkaikan seperti rangkaian diatas.

Keterangan:
Dari kabel USB biasanya yang warna merah yang mengeluarkan tegangan +5V, dan hitam sebagai ground (GND), jadi harus di bongkar dulu.

cara menjalankan rangkaian diatas sebagai berikut:

Tancapkan kabel USB yang sudah menyambung dengan rangkaian ke Laptop/PC.
Pastikan listrik sudah mengalir ke AC 220V IN, kemudian tekan atau nyalakan SWITCH untuk mengalirkan listrik AC ke terminal listrik (AC 220V OUT) yang di gunakan untuk menyolokan kabel AC PC/Laptop sebagai sumber daya, kemudian nyalakan PC/Laptop seperti biasa, matikan SWITCH bila PC/Laptop anda ingin di biarkan Shut down secara otomatis dengan bantuan Software atau settingan di PC, walaupun Switch di off-kan tapi listrik AC akan tetap mengalir ke terminal listrik karena tersambung oleh Relay.
Bila Laptop Shut down maka Relay tidak akan bekerja sehingga listrik pun tidak mengalir ke terminal listrik dan Laptop/Pc.

Nah... ada satu lagi rangkaian yang lebih simpel untuk laptop, seperti rangkaian di bawah ini:


Anda hanya memerlukan kabel USB yang disambungkan ke Relay 6V seperti gambar diatas.
Jadi ketika anda menyalakan Laptop maka secara otomatis relaypun bekerja sehingga listrik AC 220V IN mengalir menuju AC OUT atau terminal listrik.
Dan bila laptop shutdown relay tidak bekerja sehingga memutuskan listrik yang menuju terminal, sehingga kita tidak usah mencabut/mematikan listrik untuk laptop.

Untuk kedua rangkaian diatas penulis menggunakan rangkaian yang pertama karena dirasa lebih aman tidak terlalu membebani laptop karena untuk tegangan atau daya relay di suplly dari trafo.

Harap hati-hati dalam merangkai terutama pada relay, karena pada kaki-kaki relay terdapat kabel dari AC tegangan tinggi dan kabel dari USB yang berdekatan jadi harus dilindungi supaya tidak terjadi konslet yang dapat mengakibatkan kerusakan yang tidak diharapkan.

Sekian, selamat berkarya semoga sukses........
Rifafa Electronic
SKEMA EFEK GITAR
0 Comments for "Rangkaian Auto Shut Down untuk Laptop/Pc"

Back To Top