Tester Remot Sederhana


Untuk anda yang suka ngutak-ngatik memperbaiki remot atau para montir elektronik tentunya memerlukan yang namanya Remote Tester  atau Tester Remot untuk memastikan apakah remot yang kita perbaiki sudah baik atau belum, dan untuk mengetesnya bisa saja kita menggunakan Remot Tester yang ada di pasaran yang di jual di toko elektronik, atau memanfaatkan kamera ponsel kita untuk melihat cahaya infra merah yang di pancarkan remot, tapi dengan kamera ponsel mengetesnya harus agak dekat dan kita kurang tahu apakah remot berfungsi bila digunakan dengan jarak jauh atau tidak.

Nah disini saya akan berbagi suatu rangkaian hasil uji coba sendiri yaitu Tester Remot Sederhana yang akurat untuk remot dengan sistem infra merah, seperti tampak di bawah ini.
Dan rangkaian tester remot ini sudah bertahun-tahun saya gunakan untuk mengetes dan memperbaiki remot dengan hasil yang sangat akurat, dan bisa digunakan untuk mengetes dengan jarak lebih dari 10 meter.

Rangkaian utama ini hanya 3 buah komponen saja, diantaranya:
  • Sebuah sensor remot
  • Resistor 100 ohm 1/4 watt
  • Sebuah led, sebagai indikator.
  • Dengan tegangan V+ antara 4,5volt sampai 5volt, bisa juga menggunakan baterai ( kebetulan saya menggunakan sebuah adaftor bekas dengan V+ 4,5volt 1Amp, seperti pada gambar di bawah).
 Untuk V+ atau tegangan silahkan modifikasi sendiri.




Cara menggunakannya yaitu kita tinggal mengarahkan remot tepat ke sensornya sambil menekan tombol remot dari jarak dekat ataupun jarak jauh supaya kita mengetahui apakah remot berfungsi dengan baik dari jarak jauh atau tidak? Dan bila lampu led menyala berarti remot berfungsi dengan baik.

Sekian, mudah-mudahan bermanfaat.....

Kalau postingan ini bermanfaat silahkan isi form komentar...
Rifafa Electronic

Post a Comment

Previous Post Next Post