Tips Cara Mengatasi Tv Tidak ada Siaran


Sekarang saya akan memberikan tips cara mengatasi tv tidak ada siaran, berhubung pengalaman saya kemarin, beberapa hari kebelakang saya menerima tv 21' merk Mitochiba Bomba untuk diservis dengan kerusakan mati total, dan saya pun langsung bongkar dan periksa komponen apa saja yang rusak, dan setelah ketemu kerusakannya langsung saya ganti komponen yang rusak tersebut dan akhirnya tv pun langsung menyala normal, terus saya tes tv-nya, sampai nginap tv-nya dirumah saya.

Keesokan harinya, yang punya nelpon minta dianterin tv itu kerumahnya, dan akhirnya diantarkan ke rumah yang punya, karena alasan dari yang punya tv perangkat antena-nya  belum siap karena mesti pakai antena booster dan belum membelinya, dan tv tidak langsung dicoba. Karena sudah yakin tvnya normal, akhirnya dapat bayaran deh....

Beberapa hari kemudian, tepatnya hari kemarin  yang punya tv tersebut nelpon bahwa tv-nya tidak ada siaran. Aduuh... pasti ini ada kesalahan pemasangan antena karena tv tersebut sudah saya coba lama di rumah, singkatnya saya langsung meluncur ke TKP, langsung keluarin obeng dan teman-temannya.

Nah, berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk mengatasinya.

Pertama saya nyalakan tv-nya, kemudian saya lakukan pemograman dengan cara menekan tombol Menu, cari menu Preset, setelah ketemu cari sub menu Auto Search atau Auto tuning dengan menekan  tombol Chanel+ atau Chanel- sampai mengarah pada Auto Search tersebut, kemudian tekan tombol Volume+, dan tv pun otmatis mencari siarannya.
Dan ternyata tidak ada siaran sama sekali, saya coba periksa kabel antenanya kalau-kalau ada yang putus, atau mungkin kabel yang usianya sudah lama, dan saya lihat kabel antenanya sudah agak retak-retak, akhirnya saya naik ke genting dengan yang punya, dan saya lihat ternyata kabel dari antena masuk kebagian VHF dan seharusnya ke UHF pada antena boosternya. Periksa antena ternyata sudah pada berkarat pada baud-baudnya, untuk mudahnya saya semprot pakai..XX (tidak saya sebutkan) untuk menghilangkan karat tersebut, sambil menunggu karatnya hilang saya cek kembali kabelnya dengan Avo meter, ternyata kabelnya juga putus dan langsung saja ganti yang baru, kemudian sambungkan kabel ke antena booster bagian out dan yang satu lagi ke trafo antena booster yang ada dekat tv,nah kalau untuk yang tidak pakai antena booster langsung saja dari antena sambung ke tv kemudian nyalakan lagi tvnya dan lakukan pemograman seperti tadi. Dan akhirnya tv pun ada siarannya.

Kalau anda mencoba hal seperti diatas belum juga berhasil, berarti ada kerusakan pada tv anda, biasanya terletak pada kerusakan tunernya yang sudah mesti diganti.


Sekian. Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.....

Rifafa Electronic
SKEMA EFEK GITAR
0 Comments for "Tips Cara Mengatasi Tv Tidak ada Siaran"

Back To Top