0
Skema Pengusir Tikus | Rangkaian Pengusir Tikus

Do you want to share?

Do you like this story?


Gambar rangkaian pengusir tikus | pengusir binatang pengganggu 

Rangkaian pengusir tikus diatas adalah merupakan rangkaian elektronika yang berfungsi untuk mengusir tikus-tikus pengganggu dengan suara ultrasonic alias suara dengan frekuensi tinggi. Rangkaian di atas merupakan rangkaian multivibrator astable yang menggunakan IC 555 dan sangat mudah untuk dibuat. Dan juga dengan IC 555 ini kita dapat mudah menentukan nilai frekuensi yang kita inginkan. Hanya saja menurut saya daya yang dihasilkan oleh IC 555 kurang maksimal untuk dapat mengusir tikus dalam satu rumah. Apalagi kalau rumah anda cukup besar dan mempunyai banyak dinding pembatas atau ruangan secara terpisah. Oleh karena itu saya menyarankan supaya anda menggunakan power amplifier yang cukup supaya tikus-tikus di rumah anda benar-benar ngacir.
Prisip kerja rangkaian pengusir tikus ini adalah sebenarnya hanya menciptakan suara yang bisa didengar oleh tikus, tetapi suara tersebut dikondisikan pada frekuensi mendekati batas maksimum frekuensi pendengaran tikus. Kemudian suara tersebut kita perkuat agar membuat tikus tidak nyaman mendengarnya atau bahkan telinganya akan terasa sakit. Hal tersebut sama dengan jika kita mendengar suara yang sangat nyaring dengan volume yang sangat besar, saya yakin jika suara tersebut diperkuat dengan sekuat-kuatnya dan didekatkan dengan telinga seseorang maka akan berakibat fatal pada fungsi pendengaran orang tersebut jika ia tidak segera cepat-cepat kabur.
Dengan prinsip di atas tersebut maka anda bisa membuat rangkaian pengusir binatang pengganggu lainnya selain tikus seperti nyamuk, kecoa, serangga dan lain sebagainya. Atau bahkan anda bisa membuat rangkaian pengusir manusia penggangu ….ha..ha..ha. Tugas anda hanya mencari data tentang batas frekuensi pendengaran dari tiap-tiap binatang. Kemudian anda buat rangkaian pembangkit pulsa seperti multivibrator, oscillator atau flip-flop. Jadi tidak terpaku pada penggunaan IC 555.
Catatan :
<!--[if !supportLists]-->1. <!--[endif]-->Out dari IC 555 bisa anda hubungkan langsung dengan loudspeaker, dengan catatan daya yang dihasilkan sangat kecil.
<!--[if !supportLists]-->2. <!--[endif]-->Sebaiknya anda menggunakan amplifier sederhana guna memperoleh daya yang cukup untuk mengusir tikus, seperti amplifier 50 watt, 100 watt atau 150 watt.
<!--[if !supportLists]-->3. <!--[endif]-->Potensio 10 K digunakan untuk mengatur besar frekuensi yang dihasilkan. Dan dengan aturan nilai resistor 1 K, kapasitor 1 nF dan potensio 10 K, nilai frekuensi yang diinginkan untuk mengusir tikus sudah terpenuhi yakni 90 KHz.
<!--[if !supportLists]-->4. <!--[endif]-->Untuk memperoleh hasil yang memuaskan dan lebih akurat anda bisa melakukan perhitungan dengan rumus multivibrator astable IC 555.
<!--[if !supportLists]-->5. <!--[endif]-->Anda bisa menggunakan speaker aktif jika anda punya di rumah dan malas untuk membuat rangkaian power amplifier tambahan.
Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Elcoom Blog di inbox anda:

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Untuk menyisipkan kode,gunakan tag
[code]KODE ANDA[/code]
Untuk menyisipkan quote,gunakan tag
[blockquote]KATA-KATA ANDA[/blockquote]
Untuk menyisipkan gambar,gunakan tag
[img]URL GAMBAR ANDA[/img]
Untuk menyisipkan video,gunakan tag
[youtube]URL VIDEO ANDA[/youtube]
Anda juga bisa menggunakan emoticon seperti biasa.