Cara Mengatasi Tv Bergambar Pelangi


Bila anda mempunyai televisi dengan kerusakan pada saat pertama kali tv di hidupkan  suara normal tapi gambar yang nampak bukan siaran tv seperti biasa melainkan keluar warna seperti pelangi saja, tapi bila dibiarkan lama menyala gambar mulai nampak normal.

Tenang saja, ini bukan kerusakan dari layar tv atau CRT kok....

Dan saya pun sering sekali mendapatkan tv dengan kerusakan seperti ini, baik pada ukuran tv kecil ataupun besar, dan kerusakan ini sangat membingungkan sekali apabila anda masih pemula dalam belajar servis tv, tapi kalau untuk yang sudah berpengalaman tidak akan memakan waktu 30 menit untuk memperbaikinya dengan catatan komponen yang diperlukan sudah tersedia.

Ok, langsung saja jangan keterusan basa-basinya deh....

Begini cara mengatasi atau servisnya:

Pertama anda buka dulu tutup belakang tv-nya, kemudian anda lihat di bagian belakang layar yang moncong tersebut ada rangkaian pcb RGB, nah disana ada tuh soket layar yang berwarna putih, coba lepaskan dulu pcb-nya kemudian lepaskan kabel fokus yang masuk ke soket tersebut, lepaskan soketnya dari pcb dengan cara dipanaskan kaki-kakinya dengan solder dan melepaskan timah solderannya, ganti soket layarnya, dan pasang kembali seperti semula.... niscaya sembuh tuh gambar pelanginya dan tv-pun langsung normal.

Pernah juga ada tips dari saudaraku yang sama-sama seprofesi, katanya kalau soket dipasaran tidak menemukan yang sama atau mau tanpa modal pun bisa, yaitu cukup dengan menyediakan air panas kemudian rendam soket layarnya. Mudah-mudahan bisa baik kembali tuh soketnya.
Karena kerusakan seperti ini disebabkan dari banyaknya jamur yang menempel pada plat yang ada di dalam soket tersebut.

Sekian, terimakasih atas kunjungannya..... Semoga Bermanfaat.

Rifafa Electronic
SKEMA EFEK GITAR
0 Comments for "Cara Mengatasi Tv Bergambar Pelangi"

Back To Top