Cara Servis Remot


Remot merupakan alat elektronik yang berfungsi sebagai pengontrol jarak jauh, yang disertakan untuk TV, VCD, DVD, AC, RADIO dll. Dan bagaimana bila remot ini mengalami kerusakan atau tidak berfungsi? tentu saja kita akan repot juga, misal bila remot tv kita rusak tentunya kita harus mondar mandir bila kita mau memindahkan chanel tv dan yang lain-lainnya.

Sekarang langsung saja saya akan memberikan tips cara memperbaiki remot yang rusak, dan disini akan di jelaskan cara servis remot yang menggunakan sistem infra merah seperti remot-remot yang disebutkan diatas.

Sebelum anda membuka remotnya, yang pertama anda lakukan adalah coba buka tutup baterai dan lepaskan baterainya dan perhatikan apakah baterai dan per penghubung ke baterainya (no 1 pada gambar di bawah)  berkarat atau tidak? Bila berkarat, gosok dan bersihkan dengan ampelas sampai karatnya bersih, kemudian pasang kembali baterai remotnya dan coba jalankan, bila belum berfungsi coba ganti baterai dengan yang baru.


Bila masih juga belum berfungsi, coba bongkar remotnya, lepaskan mesin remot dan bersihkan.
Kerusakan remot ini sering sekali terjadi pada kerusakan komponennya seperti lampu remot (no 2 pada gambar), x-tal (no 3), atau transistor (no 4). Coba ganti komponen tersebut.

Selanjutnya anda tinggal coba remotnya di jalankan.



Atau bisa juga dengan mencobanya ke tester remot, bila tidak ada bisa juga memanfaatkan kamera dari hp sambil menekan tombol remotnya, bila ada cahaya berarti remot sudah berfungsi.
Tapi kalau saya Pribadi lebih suka menggunakan tester remot buatan sendiri, soalnya lebih akurat dan bisa digunakan lebih dari 10m dari tester remot ke remot yang di uji.

Sekian tips-nya, semoga bermanfaat.

Bila tips ini bermanfaat bagi anda, silahkan berkomentar...

Rifafa Electronic
SKEMA EFEK GITAR
0 Comments for "Cara Servis Remot"

Back To Top