Terjadi Ledakan pada Tv saat di Nyalakan


Terjadi ledakan ketika menyalakan pesawat Televisi, mungkin saja sebagian orang pernah mengalami seperti ini yang bisa menimbulkan kaget, gemetaran atau teriak histeris karena kaget, bahkan mungkin ada juga yang trauma untuk menyalakan lagi Tv.

Hal seperti ini sering saya dengar baik dari para pelanggan atau konsumen yang membawa tv korban ledakan tersebut bahkan saya sendiri yang mengalaminya, tapi jangan berfikir ledakan ini seperti ledakan bom yah..!

OK, langsung saja ke pembahasan.

Komponen pada pesawat televisi dapat meledak seperti:

Akibat dari tegangan atau voltase yang diluar batas kemampuan
komponen tersebut, misal yang sering terjadi pada sebuah Elco 100.160V yang mendapat tegangan B+ 250volt atau bahkan lebih akibat lolosnya tegangan dari kerusakan rangkaian power supply tv maka elco ini akan meledak, sebab untuk tegangan normal B+ adalah antara 115volt, dan batas kemampuan elco ini maksimal 160volt seperti yang tertera pada elco tersebut. Atau komponen lain pun bisa terjadi akibat tegangan berlebih misal IC, transistor atau komponen kecil lainnya tapi ini hanya menimbulkan ledakan kecil saja.

Untuk mengatasi tegangan berlebih ini yang diakibatkan dari kerusakan rangkaian power supply atau regulator, pastikan dulu komponen-komponen yang ada pada bagian ini diperiksa dulu seperti elco kecil, resistor atau tahanan, dioda zener, IC optocoupler (biasanya PC817), dan yang lainya yang berada pada rangkaian power supply ini.

Kemudian ledakan yang sangat mengagetkan adalah dari akibat kebocoran Flyback dan keretakan dari tabung CRT.

Bila terjadi kebocoran kecil pada flyback, kop flyback atau kabel flyback bisa anda atasi dengan cara menggunakan lem, misal dengan lem besi, lem lilin, autosil,  atau lem yang lainnya yang bisa menutupi dari kebocoran tersebut kemudian balut dengan isolasi bila terjadi kebocoran pada kabelnya.
Ledakan pada kop Flyback yaitu karet yang nempel pada CRT, ditimbulkan karena tegangan out dari flyback yang berlebih atau bisa juga bocor atau kurang melekatnya kop ini bisa dengan mencoba menggantinya bila dirasa kurang melekat, bila masih juga coba periksa Capasitor yang bertegangan 1.6KV yang mengopel antara kaki kolektor transistor Horizontal dan ground, kemungkinan kapasitasnya sudah mulai menurun, bila perlu coba ganti yang baru.
Bila kebocorannya cukup besar maka saya anjurkan untuk mengganti flybaknya, biar aman.

Untuk kebocoran atau keretakan dari layar, tabung , atau CRT ini mungkin gak ada obatnya  selain menggantinya.

Untuk mengatasi hal diatas anda harus hati-hati karena tegangan yang dikeluarkan dari flyback yang sangat tinggi dan berbahaya berkisar antara 25KV. Bila anda bukan servis tv sebaiknya diserahkan pada ahlinya.

Sekian tipsnya, semoga bermanfaat...
Bila rekan-rekan ingin menambahkan silahkan di share disini...


Rifafa Electronic
SKEMA EFEK GITAR
0 Comments for "Terjadi Ledakan pada Tv saat di Nyalakan"

Back To Top