Bagaimana cara kerja transistor??

Maunya nulis tentang transistor dengan bahasa teknik didampingi gambar simbol serta datasheet transitor lengkap dengan tipe berbagai transistor beserta kegunaannya. Tapi hal seperti saya rasa sudah banyak terdapat pada situs-situs elektronika kebanyakan, sedangkan bagi pemula banyak yang masih belum paham dengan bahasa atau kata-kata  yang terlalu "berat ".


Karena itu saya hanya akan menuliskan dasar-dasar transistor dengan berberapa jawaban dari soal yang sering ditanyakan mengenai transistor dengan bahasa yang insyaAllah mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.


Transistor bekerja ibaratnya keran air, jika kerannya diputar maka akan mengalirkan air. Demikian transistor akan mengalirkan listrik antara kaki kolektor dan emitornya jika kaki basisnya diberi arus listrik. Arah arus listrik ini tergantung dari jenis transistornya npn atau pnp.


Tipe pnp berarti arah arusnya dari emitor ke kolektor, biasanya digunakan untuk mengalirkan arus positif dan arus basisnya negatif. Dan sebaliknya untuk tipe npn.


Dengan fungsi dasar ini maka dapatlah kita pahami bahwa pada dasarnya transistor adalah sebuah saklar elektronik yaitu saklar yang dikendalikan dengan memberikan arus pada basisnya. Dari sinilah kemudian fungsi transistor dikembangkan, misalnya untuk driver penguat audio, penguat signal radio, driver relay, dan banyak lagi.


Fungsi transistor ini dapat kita diketahui sesuai tipenya dengan melihat datasheet transistor yang bisa langsung disearch di google. Misalnya anda ingin mencari kegunaan dan cara menggunakan atu bahkan contoh rangkaian transistor tipe 2n2222 maka cukup ketik di google datasheet 2n2222, mudah bukan.


ok, sekian dulu tulisan tentang transistor ini. Semoga membantu memberi anda pengertian dasar transistor.



hobi elektronika
SKEMA EFEK GITAR
0 Comments for "Bagaimana cara kerja transistor??"

Back To Top