Filter Circuit

Halo
Kami akan Share sedikit mengenai Rangkaian Filter...




Filter (penyaring) adalah rangkaian yang dibuat untuk menyaring tegangan AC dan juga membuang tegangan output pada frekuensi tertetu(memperbolehkan suatu frekuensi pada rentang tertentu memiliki nilai redaman (atenuasi) yang kecil (disebut sebagai ’Pass Band’).
Filter akan melewatkan gelombang/sinyal listrik pada batasan frekuensi tertentu sehingga apabila terdapat sinyal/gelombang listrik dengan frekuensi yang lain (tidak sesuai dengan spesifikasi filter) tidak akan dilewatkan.


Filter terbagi 2 :
Filter Pasif yaitu menggunakan resistor , capacitor , Induktor (R,C,L).
Filter Aktif yaitu menggunakan op-amp , transistor.

Berdasarkan respon frekuensinya , filter terbagi 4 :
1. Filter lolos rendah/ Low pass Filter.2. Filter lolos tinggi/ High Pass Filter.3. Filter lolos rentang/ Band Pass Filter.4. Filter tolah rentang/Band stop Filter or Notch Filter.


Filter Pasif

Filter banyak digunakan pada sirkuit amplifier, osilator dan power supply berdasarkan karakteristik frekuensi yang diperlukan. Beberapa contoh diberikan di bawah ini. Mereka menggunakan kombinasi dari R, L dan C
Induktor dan Kapasitor bereaksi terhadap perubahan frekuensi dengan cara yang berlawanan. Melihat sirkuit untuk filter lolos rendah, baik LR dan kombinasi CR menunjukkan telah efek yang sama, tapi perhatikan bagaimana posisi L dan C tempat perubahan dibandingkan dengan R untuk mencapai hasil yang sama.
LOW PASS FILTER
HIGH PASS FILTER


LOW PASS FILTER (filter lolos rendah) digunakan untuk menghapus atau menipiskan frekuensi yang lebih tinggi di sirkuit seperti amplifier audio.Filter memberikan respon frekuensi yang diperlukan untuk rangkaian penguat.

HIGH PASS FILTER digunakan untuk menghilangkan atau meredam frekuensi yang lebih rendah.




Filter aktif

Filter Aktif yaitu filter yang menggunakan komponen aktif, biasanya transistor atau penguat operasi (op-amp). Kelebihan filter ini antara lain:


1. untuk frekuensi kurang dari 100 kHz, penggunaan induktor (L) dapat dihindari
2. relatif lebih murah untuk kualitas yang cukup baik, karena komponen pasif yang presisi harganya cukup mahal.


Dengan Op-Amp LM741

Forum Elektronika Indonesia
SKEMA EFEK GITAR
0 Comments for "Filter Circuit"

Back To Top